Sabtu, 20 April 2013

Apa itu Cybercrime, Cyberterrorism dan Cyberwarfare

Apa itu Cybercrime, Cyberterrorism dan Cyberwarfare

Apa itu Cybercrime, Cyberterrorism dan Cyberwarfare yang mungkin menjadi pertanyaan buat para Kaum Awam yang belum mengerti tentang kejahatan di Dunia Maya. Kemajuan Teknologi yang modern, Perkembangan Internet beserta dengan Aktifitas di dunia maya tidak akan terlepas dari meningkatnya aksi-aksi kejahatan dan Kriminalitas.

Hacker Cracker Apa itu Cybercrime, Cyberterrorism dan Cyberwarfare

Atas kejahatan di dunia maya tersebut maka kamu perlu mengetahui istilah dari kata Cybercrime, Cyberterrorism dan Cyberwarfare yang melibatkan teknik hacking Komputer dengan beragam motif. Perlu juga diketahui bahwa Seorang Kriminalitas Cyber di dunia maya atau sering di sebut Cracker sangat berbeda dengan Hacker, Hacktivist dan Cyberterrorist.

  • CYBERCRIME

Cybercrime menurut European Commission secara definisi “Criminal Offences commited by means of electronic communication networks and information system or againts such networks and systems“, yang digolongkan sebagai aksi Cybermafia jika kelompok penjahat dunia maya tersebut terorganisir.

Kegiatan kriminalitas siber kelas dunia salah satunya seperti yang terjadi di tahun 2001 ketika 150 expert internet users melakukan rapat di Eropa bagian Timur tepatnya Ukraina untuk membentuk suatu organisasi kriminal ‘CarderPlanet‘ dibawah pimpinan Dmitry Glubov sebagai ‘the Godfather‘ dengan pemahaman dasar bahwa internet mampu menciptakan kesempatan money laundry dan profit making. Kelompok yang tergolong mafiacyber ini mengorganisir pencurian data kartu kredit lalu menjualnya melalui aksinya yang dikenal dengan “Trafficking Banking Data“.

  • CYBERTERRORISM

Cyberterrorism adalah bentuk Extreme lain dalam terminologi dunia modern yang melibatkan aksi-aksi dengan teknologi untuk tujuan politis lewat aksi kriminalitas maya seperti penyerangan sistem komputer, networks, yang tujuannya membahayakan, merugikan bahkan dapat menciderai kehidupan manusia dan mengancam keamanan nasional suatu negara. Diantara aksi mereka seperti mencari kelemahan (Vulnerability) dalam sistem kontrol Transportasi (Traffic Control System) target.

Mengutip satu definisi umum, menurut agen FBI Mark PollittCyberterrorism is the premeditated, politically motivated attack againts information, computer systems, computer programs, and data which result in violence againts noncombatant targets by subnational groups or clandestine agents‘. Ditambahkan Danning, pakar Cyber-Politics, bahwa aksi-aksi terorisme melalui dunia cyber dapat menyebabkan kerugian-kerugian yang sangat serius, bisa berupa kesulitan ekonomi sampai dengan menghilangkan kekuasaan suatu Pemerintahan atau membuat collaps Perusahaan target di suatu negara.

Diawal-awal kemunculannya salah satu aksi Cyberterrorism yang menyita banyak perhatian dunia global diantaranya yang terjadi di Jepang tahun 1995 dimana sebuah software yang disusupkan terroris berhasil mengacaukan jalur transportasi di Tokyo yang membunuh 12 orang dan melukai lebih dari 6000 orang.

  • CYBERWARFARE

Aksi-aksi diatas tidak jauh berbeda dengan ‘Cyberwarfare‘ dalam terminology Cyber-Politics yang belakangan ini semakin marak diperbincangkan dan dipromosikan media-media di penjuru dunia, terutama semenjak penyerangan Stuxnet ke Instalasi Pengayaan Uranium Iran.

Istilah-istilah seperti Aurora, Stuxnet, Ghosnet sampai Wikileaks Takedown dan semua konsepsi global terkait digunakannya technology hacking komputer untuk tujuan-tujuan politik dalam format Perang Dunia Maya, disinilah pembahasan Cyber-Warfare sesunggungguhnya dapat difokuskan.

Cyberwarfare atau Perang Cyber adalah aksi-aksi dunia maya yang melibatkan penggunaan teknik hacking komputer didasari oleh kepentingan-kepentingan Pemerintah suatu negara untuk tujuan-tujuan politik (ekonomi-sosial, dll) melalui aksi-aksi spionase atau sabotase sampai otoritas ‘System Remote‘ terhadap komputer target, yang dapat merugikan dan menimbulkan kerusakan yang signifikan.

Demikian ulasan yang bisa saya sampaikan kepada para pembaca yang beberapa pengertian ini saya kutip dari situs BinusHacker.Net. Semoga dapat bermanfaat buat para sahabat sekalian. Sekian artikel Apa itu Cybercrime, Cyberterrorism dan Cyberwarfare, Thanks!

Sumber Artikel : http://wardimansyah30.blogspot.com/2012/10/apa-itu-cybercrime-cyberterrorism-dan.html

Terimakasih Kumpulan Cara Mengatasi

Kumpulan Cara Mengatasi

Apa itu Cybercrime, Cyberterrorism dan Cyberwarfare 9out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes